Sistem Operasi

Aktifitas Sekarang

Aktifitas sehari-hari saya antara lain Maintenance Server dan Jaringan Internet Jurusan Teknik Elektro dan Magister Teknologi Informasi UGM. Server-server yang saat ini saya maintenance sekitar 17 buah Server terdiri dari 9 buah Dedicated Server (Server HP Proliant dan IBM yang umumnya menggunakan processor Intel Xeon) dan 8 PC Server/Router (setara Pentium III dan IV). Selain maintenance server-server diatas, saya juga harus maintenance 4 buah Cisco Catalyst, satu Multilayer Switch Catalyst 3550 yang digunakan sebagai Distribution Switch (Routing dan Filtering Inter-VLAN enable), dan 3 buah Catalyst seri 2950 sebagai Access Switch (VLAN implemented).
Selain Server-server dan Catalyst, saya juga maintenance Wireless Network yang terdiri dari 9 buah Access Point yang tersebar di setiap Lantai Gedung Jurusan Teknik Elektro UGM.

Skema jaringan Jurusan Teknik Elektro existing saat ini dapat dilihat pada gambar dibawah ini
(klik pada gambar untuk memperbesar) :

Sistem Operasi yang saya gunakan pada server-server dan router/firewall kira-kira 80% menggunakan Sistem Operasi FreeBSD, sisanya menggunakan Sistem Operasi Linux (Debian, RedHat dan Mandrake). Aplikasi Layanan jaringan yang terpasang dan aktif antara lain: proxy server, mail server, webserver, ftp server, NIS/NFS, MapServer, File Server (SAMBA), database server dll.

Beberapa situs di server-server TE yang dapat diakses dari Internet antara lain website Jurusan Teknik Elektro, MTI , MTInst, S2, Student, Papirus/Elearning, Personal, Nightlogin, Digilib, MediaElektro, Cisco Network Academy, SIA, DisasterInfo, registrasi dll

Mengajar

Di Program Magister Teknologi Informasi, selain menjadi administrator, saya juga ditugaskan memberikan Praktikum Keamanan Sistem dan Jaringan Komputer (dulu dinamai Keamanan Sistem Informasi). Praktikum ini merupakan salah satu penunjang Mata Kuliah Keamanan Sistem dan Jaringan Komputer, yang umumnya berkutat di teori Keamanan Sistem Dan Jaringan seperti prinsip prinsip keamanan, teknologi kriptografi, VPN, dst.
Pada praktikum akan dijelaskan, didemokan dan dipraktekkan beragam tools keamanan sistem dan jaringan seperti penggunaan kriptografi (pada web, email, PGP, Otentikasi), penggunaan tools audit keamanan jaringan (seperti sniffing tools, scanner tools), cracker tools, penggunaan wardriving tools untuk wireless, IDS & IPS, Firewall, VPN dan yang tidak kalah penting masing-masing cara mengatasi dan mengantisipasi serangan serangan para hacker/cracker.
Selain mengajar praktikum, saya juga memberikan beberapa topik Workshop dibidang Teknologi Informasi seperti Linux Fundamental, Linux Networking, Network Security dan aplikasi spesifik lainnya.

Pada Cisco Network Academy Teknik Elektro UGM saya juga bertugas sebagai instruktur memberikan materi dari CNAP.

Konsultan dan Trainer pada RootBrain IT Consulting

Saya juga bekerja sebagai konsultan pada RootBrain IT Consulting. Selain sebagai konsultan, saya juga menjadi trainer pada perusahaan tersebut. Beberapa materi yang saya berikan adalah topik-topik seperti Networking, Linux Fundamental, Administrasi Linux, Wireless Network, Security Network and System, Program persiapan sertifikasi IT proffesional serta masih banyak lagi. Beberapa detil topik dapat di lihat disini.

Instruktur Tamu

Saya juga memberikan materi pada berbagai training center seperi INIXINDO JOGJA dan FasNET UGM. Materi yang pernah saya berikan adalah Cisco Certified Design Assosiate (CCDA), Cisco Certified Network Assosiate (CCNA), Network Security & System Administration, Linux Networking Advanced.

Tinggalkan Balasan

